Than Shwe Bersiap Bertemu Suu Kyi

Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Senior Than Shwe mengaku akan mengunjungi pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi secara personal.

Namun, pertemuan yang akan direncanakan berlangsung pekan ini masih dalam persiapan. Hal ini diungkapkan Than Shwe kepada utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk penyelesaian krisis di negara itu, Ibrahim Gambari.

Stasiun dan televisi negara Myanmar sebagaimana dikutip Associated Press menyampaikan, Kamis (4/10/2007), Than Shwe berbicara kepada Gambari Rabu lalu.

Dalam pembicaraan tersebut Than Shwe menyatakan dirinya ingin berjumpa dengan Suu Kyi, jika peraih Nobel Perdamaian 1991 itu bersedia menghentikan perlawanannya dan beban sanksi untuk pemerintahnya.

Kepada Gambari Than Shwe menyatakan, "Dalam kesepakatannya dengan pemerintah, Daw Aung San Suu Kyi menyatakan perlawanan, pembasmian, sanksi ekonomi dan semua sanksi lainnya."

"Jika ia meniadakan semua tuntutannya, Jenderal Senior Than Shwe menyatakan kepada Gambari bahwa dirinya akan menemui Daw Aung San Suu Kyi secara personal," tulis media negara Myanmar.

Sebenarnya persiapan pertemuan junta dengan Suu Kyi ini bukan yang pertama kali. Namun inilah kali pertama junta berinisiatif untuk menjumpai Suu Kyi. Sebelumnya, junta selalu menyebutkan Suu Kyi menampilkan sikap perlawanan terhadap mereka. (jri)
Sumber: www.okezone.com, Jum'at, 05/10/2007 00:56 WIB

Tidak ada komentar: